29
Jun
11

Radio Oemoem

Saat berkunjung ke kota Sragen, saya mendapat informasi adanya sebuah monumen bernama Radio Oemoem, yang katanya sudah berdiri sejak jaman penjajahan Belanda. Sama seperti namanya, monumen ini difungsikan untuk menyiarkan siaran radio melalui pengeras suara yang terdapat di bagian atas tugu ini.

Mungkin karena pada jaman dulu radio masih termasuk barang mewah yang tidak dimiliki oleh semua orang, maka tugu ini pun didirikan agar masyarakat bisa mendapatkan informasi aktual dari siaran radio.

Sayangnya, saya belum berhasil mendapatkan data sejarah lebih lengkap mengenai monumen ini. Jadi tidak diketahui siapa yang mendirikan, apakah penjajah Belanda atau rakyat Indonesia dan tidak diketahui pula siaran apa yang bisa didengar oleh masyarakat melalui Radio Oemoem, apakah propaganda penjajah atau siaran perjuangan kemerdekaan.

Yang pasti saat ini, Monumen Radio Oemoem menyiarkan siaran radio POP FM 88.8 Sragen sepanjang hari. Monumen ini menunjukkan betapa pentingnya siaran radio bagi masyarakat. Semoga masih ada fasilitas umum seperti Monumen Radio Oemoem ini di kota-kota lain di Indonesia.

Iklan

1 Response to “Radio Oemoem”


  1. Februari 12, 2012 pukul 6:07 pm

    artikel bagus bang,mohon diupdate ya jika sudah dapat sejarah didirikanya monumen radio oemoem…
    saya juga sedang mencari sejarahnya tapi belum ketemu juga…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 555,574 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: