23
Okt
08

Membuat off air di rimba belantara

R - Santri Gaul - Fazan Kegiatan non siaran (off air) tidak bisa lepas dari dunia radio. Tidak hanya radio yang bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk berpromosi, kita juga bisa mengajak sponsor untuk ikut berpartisipasi mempromosikan produknya dalam event off air.

Jika kebetulan kita menangani sebuah radio di daerah yang baru, sebelum merencanakan sebuah kegiatan, yang perlu kita lakukan pertama adalah melakukan survey terhadap pendengar kita. Melalui survey tersebut, diharapkan kita bisa mendapatkan gambaran kegemaran masyarakat setempat. Apakah mereka menyukai kegiatan hiburan, pendidikan, games, atau apa. Penelitian bisa dilakukan lebih mendalam dan lebih terinci, agar kita mendapatkan gambaran yang lebih sempurna, misalnya dengan mengajukan pertanyaan mengenai lokasi kegiatan yang disuka, pengisi acara yang seperti apa, tema kegiatan yang seperti apa dan lain sebagainya.

Setelah mendapatkan beberapa gambaran rencana kegiatan, langkah berikutnya adalah memikirkan pendanaan. Selain dari peserta atau pengunjung, sumber pendanaan utama dari sebuah kegiatan non siaran sebuah radio, diharapkan bisa berasal dari pihak sponsor. Dengan demikian, sebelum kita memutuskan untuk menyelenggarakan sebuah event, sebaiknya kita mengajukan konsep yang sudah kita miliki ke sejumlah sponsor.

Saat bertemu dengan calon sponsor, kita bisa memaparkan konsep yang kita miliki dan menanyakan sejauh mana minat mereka untuk mensponsori kegiatan kita. Kita juga bisa mengajukan sejumlah pertanyaan lain ke calon sponsor, seperti konsep acara yang mereka harapkan dan tentunya seberapa besar dana yang mereka miliki untuk mensponsori sebuah kegiatan. Jika jumlah calon sponsor yang berminat mencukupi, barulah kita memutuskan untuk mengerjakan sebuah kegiatan off air.

Iklan

3 Responses to “Membuat off air di rimba belantara”


  1. 1 Yudhi Sebastian
    April 26, 2009 pukul 12:42 pm

    Tipsnya ok banget boss… sukses ya

  2. 2 wahyu surono cemong
    Juli 30, 2009 pukul 2:47 pm

    oke juga tuc! boleh lagi bagi bagi pembuatan proposal yang menarik client. semoga radio tetep jaya di udara dan abadi dihati pendengarnya,…………….

  3. 3 REZA
    Mei 2, 2012 pukul 10:44 pm

    asyik..mencerahkan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 558,124 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: