17
Okt
08

beban

Beban, masalah, problem, atau apapun istilahnya, tidak akan pernah lepas dari kehidupan kita. Apalagi dalam pekerjaan, pasti selalu aja masalah yang muncul. Berat ringannya suatu masalah, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Kadang tanpa kita sadari, kita telah menempatkan ‘beban’ pada kamar yang salah di dalam otak kita.

Sehingga, yang terjadi bukannya kita memikirkan solusi yang harus diambil untuk mengurangi beban, melainkan justru kita menghabiskan waktu untuk memikirkan ‘masalah’ itu sendiri. Jika kita tidak segera merubah cara berpikir kita, alih-alih mendapatkan solusi. Yang ada justru kita akan merasa semakin terbeban berat dan semakin terpuruk.

Dalam menghadapi beban, masalah, problem, tidak ada kunci lain kecuali bangkit menghadapi kenyataan.

Pada saat memberikan kuliah tentang Manajemen Stress, Stephen F. Covey mengangkat segelas air dan bertanya kepada para siswanya: “Seberapa berat menurut anda kira-kira segelas air ini?” Para siswa menjawab mulai dari 200 gr sampai 500 gr.

“Ini bukanlah masalah berat absolutnya, tapi tergantung berapa lama anda memegangnya,” kata Covey. “Jika saya memegangnya selama 1 menit, tidak ada masalah. Jika saya memegangnya selama 1 jam, lengan kanan saya akan sakit. Dan jika saya memegangnya selama 1 hari penuh, mungkin anda harus memanggilkan ambulans untuk saya. Beratnya sebenarnya sama, tapi semakin lama saya memegangnya, maka bebannya akan semakin berat.”

“Jika kita membawa beban kita terus menerus, lambat laun kita tidak akan mampu membawanya lagi. Beban itu akan meningkat beratnya,” lanjut Covey. “Apa yang harus kita lakukan adalah meletakkan gelas tersebut, istirahat sejenak sebelum mengangkatnya lagi.” Kita harus meninggalkan beban kita secara periodic, agar kita dapat lebih segar dan mampu membawanya lagi. Jadi sebelum pulang ke rumah dari pekerjaan sore ini, tinggalkan beban tersebut.” “Bukan beban berat yang membuat kita Stress, tetapi lamanya kita memikul beban tersebut.”

(covey’s illustration taken from http://www.haryoardito.com)
Iklan

0 Responses to “beban”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 552,370 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: