07
Okt
08

Ganti Rupa

cool-cartoon-385303 Senin 6 Oktober 2008, POPFM Bandung berubah wujud menjadi PASFM Bandung. Meskipun tetap beroperasi pada gelombang 106.3 FM, perombakan yang dilakukan nyaris 100%. Format siaran pun bergeser dari radio hiburan menjadi radio berita. Target audience ikut berubah dari status ekonomi sosial B C D, menjadi A B C. Yang tadinya mengarah mereka yang berusia belasan hingga 40an, sekarang mencoba menembak mereka yang berusia 20an hingga 50an. Format lagu pun berubah dari lagu pop Indonesia dan dangdut, menjadi pemutar lagu barat – Indonesia dan lagu-lagu mandarin khusus di hari Minggu.

Perubahan format radio, wajar saja terjadi. Hampir semua radio pernah melakukan perubahan, entah sebagian maupun total. Biasanya keputusan untuk berubah diambil sebagai bagian dari strategi dalam menghadapi kompetisi dan tentunya strategi pemasaran. Ibarat ikan, akan lebih nyaman jika kita berenang di kolam kecil yang ikannya masih jarang dibandingkan hidup di kolam yang besar namun sudah padat terisi ikan.

Dengan demikian yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk merubah format siaran radio, kita perlu mengukur kemampuan dan kekuatan kita untuk berubah, karena selain mengandung resiko, setiap perubahan pasti ada yang harus dikorbankan. Lakukan analisa untuk mengetahui pola persaingan dan ceruk pasar, baik pendengar maupun pengiklan. Setelah arah perubahan tergambar, kita bisa mulai melakukan perubahan secara bertahap maupun seketika sesuai dengan kebutuhan. Untuk perubahan total, yang perlu dipersiapkan adalah mental sumber daya manusia, acara baik kemasan maupun isi, format lagu, infrastruktur pendukung dan tentunya penyesuaian air personality penyiar.

Pekerjaan tidak selesai hanya sampai berubahnya format radio. Tugas berikutnya yang menunggu adalah melakukan pemantauan dan evaluasi. Jangan ragu untuk merubah apa yang sudah kita rubah jika memang tidak cocok dengan pasar, atau bahkan kembali ke format siaran kita yang semula. Jangan sampai terlambat mengambil keputusan untuk berubah sebelum kita terpuruk semakin dalam.

Iklan

3 Responses to “Ganti Rupa”


  1. Desember 17, 2008 pukul 1:09 pm

    Bener, mas….
    banyak perusahaan radio yang ‘memaksakan diri” berada pada segmen yang di sesuaikan dengan ego owner perusahaan radio tersebut. hal ini akan berdampak kepada team promo dan sales-nya, dan sudah pasti team programnya juga.

    contohnya saja radio yang segmented, seperti radio pada segmen kesehatan dan radio otomotif. kalo tidak di seimbangkan dengan program entertain, lifestyle, dll..maka radio itu agaknya kurang diminati pendengar. karena format script siar yg terlalu segmented di tambah dgn format musik yang kurang diminati pendengar (lagu2 terlalu old song diradio kesehatan, dan lagu2 yang terlalu ‘dugem’ di radio otomotif)…ditambah lagi dengan gaya siaran penyiar yang terlalu dibuat2.

    seharusnya mereka melakukan riset atas tanggapan/ animo masyarakat akan jasa yg telah diberikan oleh radio nya itu… jangan hanya menunggu hasil riset AC Nielsen. coba bangun divisi R & D, berikan tugas kepada mereka untuk meriset ttg perkembangan radio masing2.

  2. Maret 31, 2009 pukul 11:13 am

    mantap ommm

    salam kenal ya

  3. Agustus 6, 2009 pukul 9:50 pm

    pro pembaharuan, salam kenal ya bro.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 559,865 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: