21
Agu
08

Radio dan Internet

Data dari Asosiasi Pengusaha Jasa Internet Indonesia (APJII), menunjukkan bahwa hingga pertengahan tahun 2008 di Indonesia tercatat sekitar 25 juta pengguna internet. Angka ini ditargetkan meningkat hingga 50 juta pengguna pada akhir tahun 2008.

Semakin meningkatnya pengguna internet di Indonesia perlu menjadi perhatian kita yang bergerak di dunia radio, agar tidak tergerus perkembangan tekhnologi. Membangun website interaktif dan radio online, bisa menjadi salah satu cara untuk tetap mengikat pendengar kita yang semakin banyak menghabiskan waktunya untuk ber-internet.

Banyak radio yang sudah memiliki website, namun apakah fungsi dari website radio hanya sebagai media promosi? Idealnya apa isi website tersebut agar bisa lebih mendatangkan manfaat?

Website sebuah radio antara lain bisa diisi dengan:

Non program:

  • Visi dan misi perusahaan disertai profil pengelola.
  • Data tekhnis radio dan tarif iklan. Akan lebih mempermudah jika disediakan fasilitas pemasangan iklan dan pengiriman materi iklan secara online.
  • Arsip kegiatan-kegiatan off air yang pernah diselenggarakan.
  • Testimonial klien yang pernah menggunakan jasa radio kita.

Program:

  • Profil acara dan penyiar, lengkap dengan fasilitas agar pendengar bisa berinteraksi langsung ke dalam acara maupun dengan penyiar secara online.
  • Radio streaming, untuk mengantisipasi pendengar yang sedang berada di luar jangkauan siaran.
  • Podcast (atau bahkan videocast) acara, agar pendengar yang tidak sempat mendengarkan acara secara langsung bisa mendengarkannya melalui internet di waktu yang berbeda.
  • Chat room dan forum, agar pendengar bisa saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya
  • Jika memiliki acara berita, kita juga bisa memasukkan naskah berita / informasi yang disiarkan dan rutin memperbaharuinya
  • Bisa juga menampilkan promo acara dan rencana kegiatan yang akan dilakukan, serta membuka halaman kritik dan saran.

Fasilitas-fasilitas yang ada dalam website bisa terus dikembangkan. Usahakan untuk melakukan update sesering mungkin, jangan sampai hanya dibuat kemudian ditinggalkan.

Iklan

4 Responses to “Radio dan Internet”


  1. 1 ian
    Maret 10, 2009 pukul 1:01 pm

    wah lumayan ada sedikit pencerahan nih, thanks mas untuk artikelpendeknya…

    mas alex, kalo ada dan boleh tau ada ga referensi yang menjelaskan/menggambarkan tentang bagaimana sebuah radio menampilkan dirinya lewat website interaktif yang efektif…kebetulan radio tempat saya bekerja ingin hadir jg lewat website cuman belum nemu ramuan yang pas…karena bos inginnya tdk hanya coba2 makanya investnya jg ga setgh2 tp tentu saja dengan harapan hasil yang maksimal..

    yang pasti perlu disesuaikan dengan keinginan / kebutuhan target kita, baik dari sisi pemasang iklan maupun pendengar. cara terbaik untuk mengetahuinya, adalah melalui riset kecil-kecilan

  2. 2 ian
    Maret 11, 2009 pukul 2:33 pm

    btw mas, apakah nantinya perlu kita bedain antara pendengar dan pengakses radio kita…maksutnya survey kecil2an itu kan mungkin ga bs nangkep scr keseluruhan profil pengakses radio kita…makanya apakah contentnya kita seiramakan dulu dgn format dan positioning onair kita atau ada pembedaan…misal targetnya audiensnya disempitkan gitu…

    bisa saja konten di buat sama dengan radio, tapi survey kebutuhan untuk web tetap harus dilakukan. biasanya untuk radio, target listener dan pengakses web sama

  3. 3 ian
    Maret 12, 2009 pukul 4:37 pm

    thanks mas…ehm…ada rekomendasi untuk alamat website radio yang bagus ga mas, yang lokal ato interlokal…siapa tau bs jd inspirasi untuk project kami..

    untuk nama biasanya menggunakan call name station saat mengudara, bisa divariasikan dengan gelombang, atau bisa juga menggunakan call listener kalau memang call listenernya khas dan bisa menjadi trade mark. jika biasanya digunakan dot com atau dot co dot id, untuk radio di internet sekarang sudah ada dot fm, silahkan dipilih mana yang cocok dengan selera hehehe

  4. 4 ian
    Maret 13, 2009 pukul 9:53 am

    he..he..sorry mas, mungkin pertanyaan saya kurang komplit, maksut saya menurut mas ato yang mas tahu website radio lokal ato interlokal yang sudah bagus mana, misal punya prambors, suara surabaya, ato mungkin yangdari luar negeri sono…denger2 untuk layanan streaming aja di indonesia cukup mahal agar bs diterima dengan delay rendah dan suara tetep stabil…

    wah penilaian bagus atau tidak itu relatif. silahkan dinilai saja mana yang menurut anda bagus 8)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 559,864 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: