08
Agu
08

Panduan Meliput Olimpiade Beijing

Mulai 8 hingga 24 Agustus 2008 Olimpiade digelar di Beijing. Informasi resmi tentang olimpiade bisa didapatkan di situs resmi olimpiade beijing atau di situs komite olimpiade internasional.

Olimpiade kali ini diselenggarakan ditengah kecaman dunia terhadap kebijakan politik Tiongkok atas Tibet, seperti yang bisa dibaca di BBC, situs Tibet dan berbagai situs lainnya.

Bisa dipastikan pelaksanaan olimpiade kali ini akan diwarnai dengan sejumlah aksi demonstrasi, sehingga peliputan dan pemberitaan yang dihasilkan juga tidak hanya melulu tentang olahraga. Dengan begitu dalam memberikan tugas kepada reporter (jika mengirimkan reporter untuk meliput langsung) dan team monitoring yang bertugas memantau perkembangan informasi seputar Olimpiade 2008, perlu ditekankan untuk juga memperhatikan peristiwa-peristiwa non olahraga yang terjadi di Beijing dan China.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan juga bagi mereka yang berangkat meliput ke Beijing. Sebagai negara komunis, China memiliki aturan-aturan yang sangat ketat dalam menjaga stabilitas politiknya. Apalagi dalam situasi yang sedang panas, dan kemungkinan terjadinya berbagai aksi protes selama olimpiade, pemerintah China pasti memperketat keamanannya.

1. Banyak hal-hal yang bisa terjadi disana. Misalnya ketika

, saya sempat mendapat pesan, kalau mau memotret, gunakan dua tangan untuk memegang kamera. Jangan hanya dengan satu tangan dan angkat tangan terlalu tinggi supaya tidak disangka mau demo. Saya pernah mengalami dihentikan oleh petugas keamanan saat melintas dari Forbidden City menuju Tian An Men Square. Setelah melewati sedikit interogasi, pemeriksaan passport dan penggeledahan back pack, akhirnya saya diperbolehkan melanjutkan perjalanan. Tidak semua orang terkena razia, saya termasuk yang mencurigakan sehingga diperiksa oleh petugas keamanan. 8)

Demi keamanan, selalu pastikan passpor dan visa serta surat tugas ada di dalam tas. Kartu pers dan name tag yang dibagikan oleh panitia olimpiade jangan pernah ditinggalkan, meski pada saat kita sedang tidak melakukan liputan. Perlu diingat bahwa di Beijing komunikasi bisa menjadi hambatan. Hanya sedikit warga yang bisa berbahasa Inggris, bahkan petugas keamanan pun belum tentu menguasai bahasa Inggris. Dalam keadaan seperti ini, kartu pers dan tanda pengenal dari panitia akan sangat membantu kita.

2. Pemerintah China melakukan proteksi yang ketat terhadap berbagai website di internet. Agar komunikasi dan akses informasi tidak terhambat, sebaiknya kita menginstal program yang dapat digunakan untuk menembus proteksi firewall seperti Tor (www.torproject.org/index.html.en), Psiphon (http://psiphon.civisec.org/) atau Proxify (https://proxify.com/). Agar aman dan tidak terkena sensor ketat, dalam berkomunikasi kita bisa menggunakan Skype versi internasional dan melakukan enkripsi terhadap email-email yang akan kita kirim dengan menggunakan PGP (http://www.pgpi.org).

VPN (Virtual Private Network) juga bisa kita gunakan untuk membuka blokade akses internet di China. Layanan VPN bisa kita dapatkan secara gratis, seperti Hotspot Shield (http://www.anchorfree.com/downloads/hotspot-shield) atau layanan berbayar Jitterbits VPN (http://www.jitterbits.com). Di Beijing Jitterbits juga bisa diakses melalui 86-10-6556-1973.

3. Lindungi komputer kita dengan password dan anti virus agar terhindar dari serangan Trojan. Simpan dengan baik semua peralatan, barang-barang termasuk contact lists, dan jangan biarkan tergeletak begitu saja di kamar hotel.

4. Tidak ada jaminan bahwa kerahasiaan kita akan dijaga dengan baik saat melakukan panggilan telpon atau mengirim email. Demi keamanan gunakanlah beberapa SIM Cards sehingga anda lebih mudah untuk berganti-ganti nomor, terutama setelah anda melakukan pembicaraan dengan tokoh-tokoh yang dianggap ‘sensitif’.

5. Dalam kasus-kasus politik yang sensitif, dianjurkan untuk tidak menggunakan penterjemah dan guide yang biasa ditawarkan oleh sejumlah perusahaan di China. Sebaiknya kita menggunakan jasa penterjemah lepas atau meminta bantuan jurnalis asing yang bisa berbahasa mandarin.

6. Jika terjadi sesuatu segera hubungi kedutaan besar (+10-65325489 http://www.indonesianembassy-china.org/) atau sejumlah lembaga perlindungan jurnalis seperti: The Foreign Correspondents Club of China (http://www.fccchina.org), dan Reporters Without Borders (+33 1 44 83 84 84 http://www.rsf.org/), atau The Beijing Organizing Committee for the Games of the XXIX Olympiad – BOCOG (8610-6669-3129 http://en.beijing2008.cn/bocog/) dan International Olympic Comitee – IOC (http://www.olympic.org/). Pengacara China Li Baiguang juga menyediakan hotline jika diperlukan bantuan hukum melalui telpon 139 108 02 896 atau 13509652761 atau email olympic@lawyer.com.

Panduan untuk reporter dalam meliput Olimpiade Beijing 2008 antara lain bisa didapatkan di website Reporters Without Border, China Human Rights Watch, Digital Watch.

Selamat meliput!

Iklan

1 Response to “Panduan Meliput Olimpiade Beijing”


  1. Agustus 11, 2008 pukul 9:44 am

    nice info
    numpang link ya mas alex
    http://www.stekpivolusi.com

    silahkan surga, thanks for your visit


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 555,670 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: