02
Agu
08

Rekaman Black Box Adam Air, asli atau tidak?

Beredarnya rekaman yang ramai dibicarakan sebagai suara perbincangan yang terjadi di cockpit pesawat Boeing 737-400 PK-KI 574 milik Adam Air yang hilang di perairan Majene Sulawesi Barat 1 Januari 2007, masih menimbulkan kontroversi.

Seperti disiarkan oleh RCTI Buletin Siang 12.00WIB, 2 Agustus 2008, Ketua Tim Penyelidikan Musibah Adam Air Komite Nasional Keselamatan Transportasi – Prof. Dr. Frans Wenas meragukan keaslian rekaman itu. Sebaliknya, orangtua co pilot Yoga Susanto meyakini bahwa suara yang ada di dalam rekaman itu adalah suara anaknya.

Selengkapnya bisa dilihat dalam rekaman berita RCTI berikut ini:

Iklan

21 Responses to “Rekaman Black Box Adam Air, asli atau tidak?”


  1. 1 newmp3gratisa
    Agustus 2, 2008 pukul 8:38 pm

    serem banger rekamanya,,,
    sampe merinding,,,

  2. Agustus 2, 2008 pukul 11:28 pm

    Harlin Pasili Comment:

    Saya sudah mendengar di tv, mungkin asli mungkin tidak.

    Setahu saya pesawat yg dipakai ADAM AIR bermasalah dengan
    pendinginnya yang dapat meledak tiba-tiba kalau ada kebocoran.
    Mungkin kecelakaan lebih terkait dengan hal itu, kalau saya tidak salah tayangan tentang seri pesawat boeing yang berseri satu itu sudah pernah ditayangkan ditv kelemahannya, berdasarkan penelitian kecelakaan pesawar tersebut di USA.

    Bisa saja kecelakaan ADAM AIr bukan dari pendingin yg meledak (bukan kesalahan pembuatan pesawat tersebut dari awal), yang berarti kalau rekaman BlackBox benar yang bertanggungjawab larinya
    kepihak Adam Air dan Pemerintah.

    Namun kalau rekaman Blackbox itu rekayasa berarti ada konpirasi yang berusaha menutupi kesalahan pihak pembuat Boeing tersebut dan menjatuh kan kesalahan kepada Adam air dan Pemerintah(Dephub).

    Harlin Pasili Ansori
    Visit me in
    http://komik-bumi.piczo.com/lightoflovealbum?cr=5

    Rate music saya di:
    http://www.noisehead.com/
    (tidak perlu login) caranya:
    – ketik difind Harlin pasili
    – klik ke empat lagu satu persatu
    – bila muncul diplayer rate dan pilih excelent
    Terimakasih atas apresiasinya.

  3. 3 pilwakopontianak
    Agustus 3, 2008 pukul 5:34 pm

    Rekaman suara itu jelas palsu. Logikanya tidak pernah ada satupun hasil rekaman kotak hitam yang di publikasikan walaupun untuk investigasi sekalipun. Kalau mendengar suara pilot itu bisa saja direkayasa dalam studio. Benar apa tidak hasil rekaman itu, jelas tidak benar. Pihak laboratorium tidak akan membocorkan hasil rekaman karena biasanya langsung dimusnahkan dan tidak dipublikasikan.

  4. Agustus 4, 2008 pukul 12:24 pm

    Perkenalkan,nama saya:Ricky,saya ingin menawarkan kerja sama,jika anda berminat,harap hubugni saya di nomor telepon:08567272981. Atas perhatiannya,saya ucapkan terima kasih.

  5. Agustus 4, 2008 pukul 2:50 pm

    Kalau asumsinya demikian berarti rekaman suara blackboxnya palsu donk….?

    Namun saya memang kurang mengetahui soal kebijakan larangan publikasi rekaman suara blackbox pesawat.

    Terimakasih informasinya……..

    Harlin Pasili Ansori

  6. Agustus 4, 2008 pukul 9:27 pm

    Ada yg bilang PALSU, ada jg yg bilang ASLI. Semua orang bebas berpendapat. Tp menurut saya bisa saja ini benar2 ASLI.

  7. 7 qwerty
    Agustus 5, 2008 pukul 1:41 pm

    Rekamannya asli tapi diedit ulang!…Di ‘poles’ biar lebih clean dan ‘dramatis’. Gak liat apa orang2 KNKT lagi gelagapan nyari2 alasan,bilang palsulah..yg asli pita..yg digital palsu..capedee..KNKT dan pemerintah jangan membodohi diri sendiri lah dengan komentar seperti itu.
    Toh akhirnya mereka bilang ada kemiripan yg signifikan tapi yg asli lebih blur. Kalau memang yg asli gak tersebar, emang bisa orang bikin yang ‘palsu’ menjadi sangat mirip
    tanpa tau bentuk yg asli?

  8. 8 qwerty
    Agustus 5, 2008 pukul 1:42 pm

    Mereka bilang kalau bedanya cuma pada kebeningan dan jumlah takbir pada menit terakhir.
    Come on meeennn…itu bukan beda yg signifikan. Lalu mereka mulai ‘jujur’ dan bilang kalau system
    KNKT pernah di hacking, juga kehilangan laptop dan data2 investigasi. Akhirnya si bos Frans
    ‘mengalihkan’ pembicaraan tentang hukuman bagi yang menyebarkan dan yg memberitakan.
    Come on men… ini DEFENSE MECHANISM orang yang secara psikologis ketakutan reputasinya hancur.
    Kalau palsu mereka mestinya gak terganggu seperti itu toh, percaya diri untuk bilang 100% palsu n
    kembali fokus.

  9. Agustus 5, 2008 pukul 2:28 pm

    drpd pusing mikir asli apa nggak???
    mendink buka http://jawerkotok.terminalmusik.com/ dijamin asli deh…
    gratis lg downloadnya….

  10. 10 Tyo
    Agustus 5, 2008 pukul 3:29 pm

    Awalnya sebenarnya adalah terletak pada ahlak, mental, dan moral manusia-manusia Indonesia yang selalu menganggap remeh dan tidak pernah peduli atas hal-hal yang berkaitan dengan Keselamatan, Keamanan, Kenyamanan, dan Kesehatan dalam berbagai bidang di Negara ini. Sehingga berbagai musibah terus dan akan terus berlangsung.

  11. Agustus 5, 2008 pukul 4:44 pm

    Saya kok yakin rekaman itu asli. Kecuali KNKT bisa melacak dan membuktikan siapa yang sebenarnya pembuat rekaman palsu itu. Enggak gampang lho bikin “sandiwara” yang terdengar begitu “real” dan “natural” itu.
    Sebagai orang yang telah bergelut di dunia radio lebih dari 10 tahun dan pengalaman membuat ratusan spot iklan, saya pikir rekaman itu begitu “sempurna”. Terdengar sangat nyata. Bahkan suara sound effect getaran pesawat, ledakan, deru pesawat, kepanikan dan suara takbir si pilot menjelang “meledaknya” pesawat sangat “real” sekali.
    Kalau ini adalah rekaman palsu, benar-benar sebuah “theater of mind” yang sempurna. Luar biasa.
    Hanya orang “radio” atau “Tukang Bikin Iklan” yang bisa membuat rekaman sesempurna itu.
    Nampaknya memang ada upaya KNKT untuk menutupi “kebocoran” itu ke masyarakat.
    Dari penjelasan yang disampaikan pihak KNKT memang ada jawaban yang “diplomatis” alias “kabur”. Misalnya dengan mengatakan memang ada kemiripan antara rekaman yang asli dan yang beredar di intenet….Lho, kok bisa mirip ? Berarti memang bocor kan ?
    Yang kedua, ada dalih KNKT pernah dihack. Lho, berarti bocor juga kan ?
    Yang ketiga, apa alasan orang harus repot bikin rekaman palsu itu ? Kalau cuma sekedar menghancurkan reputasi, putar aja yang aslinya. Ngapain susah-susah nyari “pengisi suara” dan nambahi sound effect untuk membuat kesan “real”nya ? Gitu aja kok repot.
    Yang keempat, apakah waktu pertemuan di depan wartawan kemarin itu diputarkan dan dibandingkan secara langsung rekaman aslinya, sehingga benar-benar bisa terdengar perbedaannya ? Atau jangan-jangan cuma ditunjukkan saja “Wujud CD”nya, ini yang asli, dan ini yang palsu. Lhaah ?? Yang penting kan isi rekamannya, bukan wujud dan kemasan CDnya. Termasuk juga dengan menunjukkan bukti-bukti grafis yang ditunjukkan ke wartawan, apa bisa buat membandingkan asli enggaknya rekaman ?
    Jadi, kemungkinannya memang ada dua. Rekaman itu asli atau palsu. Kalau palsu, harus benar-benar diusut siapa yang membuat dan menyebarkannya. Musibah dan kematian kok dibuat main-main.(Sumpah, saya juga merinding dengerinnya…Kematian memang tidak bisa diduga, bahkan dalam hitungan menit…)
    Tapi kalau asli, harus benar-benar diusut siapa yang menyebarkannya ? Bagaimana caranya kok bisa bocor ? Dan yang terpenting, ADA ENGGAK KEBOHONGAN PUBLIK DARI PIHAK TERKAIT DALAM KASUS INI ?

  12. Agustus 5, 2008 pukul 10:23 pm

    Asli ataupun palsu, yang pasti kita harus mengambil hikmah dengan peristiwa beredarnya rekaman memilukan black box Adam Air 574.

  13. Agustus 6, 2008 pukul 5:14 pm

    Kalau saya sih, melihat dari sisi suaranya, sangat realistin, sehingga saya masih meyakini 60% ini ASLI.

    kalau rekaman ini PALSU, seharusnya ada “bug” atau celah yang akan membongkar segala kebohongan ini.

    lagipula

    “sehebat-hebatnya bangkai ditutupi pasti baunya akan keciuman jua”

  14. 14 milassalmi
    Agustus 7, 2008 pukul 9:46 am

    Salam Kenal Mas!…..Jika rekaman itu asli mau apa?… Jika rekaman itu palsu juga mau apa?… Selama ini kita selalu dicekoki dengan hal-hal yang demikian itu. apakah benar kebenaran telah menjahui manusia Indonesia?… Apakah benar kebohongan demi kebohongan sudah menjadi trademark insan Indonesia? … Ribut-ribut rekaman BLACKBOX ADAMAIR musibah telah terjadi, korban tak kan hidup kembali. Malah nyusahin keluarga korban, akan tetapi…Bagaimana masa depan penerbangan Indonesia?… (kita do’ain aja arwah korban musibah Adamair diterima di sisi Tuhan YME dan diberikan tempatyang mulia di sisiNya dan keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kesabaran, Amien)

    Salam kenal juga mas! Setuju dengan pendapat anda!

  15. Agustus 7, 2008 pukul 4:03 pm

    Hehehe…iya sih. Tapi paling gak, kalo rekaman itu terbukti asli, berarti menunjukkan betapa parahnya kondisi lembaga KNKT ini. Kok ya bisa-bisanya bocor ? Dan….kok ya masih bisa-bisanya bohong di depan publik.
    Sedangkan kalo rekaman itu palsu, kok ya tega-teganya orang bikin rekaman yang bisa membuka lagi kesedihan keluarga korban yang ditinggalkan. Dan itu berarti, kok bisa-bisanya menciptakan kebohongan di atas kesedihan orang lain ?
    Sepertinya, saya kok sependapat ya kalo dibilang kebohongan memang sudah menjadi trademark insan Indonesia.
    Ohh iya, buat Mas Alex Santoso. I like your blog. Very inspirative..Salam kenal ya mas.

    salam kenal juga mas zoel. terimakasih sudah berkunjung ke blog saya ini. semoga bisa membawa manfaat buat rekan-rekan di radio

  16. 16 Yudha P Sunandar
    Agustus 9, 2008 pukul 3:20 am

    menurutku, ada baikny juga didenger masyarakat. pasalnya, kita ngak tau apakah informasi yang disimpulkan oleh knkt ngaco apa nggak.
    anw, klo satu suara bisa bocor ke publik gara2 ada komputer knkt ada yang di hack, rekaman kecelakaan lainnya ada ngak yah 😀

  17. 19 aming
    Agustus 12, 2008 pukul 4:45 pm

    ingin liat video rekamannya dong

  18. 20 aming
    Agustus 12, 2008 pukul 4:46 pm

    jangan lama lama ya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 551,968 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: