26
Jun
08

Apa yang kita dapat?

Pada umumnya, kemajuan sebuah radio akan diiringi dengan pertambahan jumlah pendengar dan pemasang iklan. Selain kedua hal tersebut, seiring dengan semakin populernya sebuah radio akan semakin banyak pula proposal penawaran kerjasama penyiaran acara yang masuk ke kantor kita. Tanpa bermaksud untuk bersikap antipati terhadap penawaran kerjasama, tulisan ini hanya ingin mengajak  agar kita lebih selektif dalam memilah penawaran kerjasama yang kita terima.

Biasanya calon pengisi acara akan menawarkan sejumlah benefit seperti:

  • Mereka siap mengisi acara tanpa dibayar
  • Content acara yang dibawakannya bermanfaat untuk pendengar, pasti akan disuka pendengar on air
  • Akan meningkatkan jumlah pendengar dan peringkat radio kita
  • Bisa menghasilkan income melalui pola bagi hasil jika acara tersebut kita jadikan  sebagai kegiatan off air
  • dan lain sebagainya

Yang perlu kita cermati diantaranya adalah:

  • Mengapa mereka menawarkan untuk mengisi acara di radio kita secara sukarela? Apa tujuan sebenarnya? Dari pengalaman selama ini, tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah karena mereka memandang radio kita bisa menjadi sarana promosi yang baik bagi dirinya ataupun institusinya. Mereka ingin dikenal oleh pendengar kita.
  • Jika memang mereka mampu menyajikan acara yang menarik, bermanfaat dan menghibur, efeknya hanya akan dirasakan oleh pendengar. Sedangkan radio kita tidak akan merasakan manfaatnya secara langsung apalagi dari sisi finansial.
  • Seandainya memang acara tersebut menarik sehingga pendengar kita bertambah, perlu diperhitungkan berapa besar penambahan jumlah pendengar yang didapat dari acara tersebut? Jika dibandingkan, mana yang lebih signifikan: penambahan jumlah pendengar kita atau penambahan jumlah orang yang mengenal pengisi acara kita.
  • Selama ini radio kita juga sudah memiliki acara yang mampu mengikat pendengar. Apakah dari sisi urgency acara baru yang ditawarkan memang layak untuk disiarkan? Jangan berspekulasi merubah acara yang sudah kita miliki dan sudah pasti pendengarnya.

Pertimbangkan:

  • Kondisi radio kita, baik dari sisi iklan maupun program, apakah sudah penuh atau belum
  • Efek magnitude dari konsep dan content acara serta popularitas pengisi acara tersebut, seberapa terkenal, seberapa qualified, seberapa heboh
  • Seberapa yakin anda terhadap janji penambahan jumlah pendengar yang ditawarkan
  • Seberapa eksklusif hubungan kita dengan pengisi acara, jangan-jangan beliau sudah memiliki acara serupa di berbagai radio. Jika yang terjadi demikian, maka acara tersebut tidak akan memiliki uniqueness. Alih-alih mendapat penambahan pendengar, kita malah bisa disangka mengekor acara radio tetangga.

Jika kita kurang yakin terhadap pengisi acara, lakukanlah uji coba barang 1 atau 2 kali show. Kita juga bisa menganjurkan si pengisi acara untuk mencari sponsor terlebih dahulu, sehingga minimal ada income yang bisa kita dapat untuk menutup biaya produksi. Dengan demikian jika pada kenyataannya acara yang dibawakan kurang menarik atau kurang mampu mendongkrak popularitas radio kita, kita sudah mendapatkan kompensasi lain yang lebih nyata. Dan jangan lupa, usahakan tetap untuk mendapatkan win – win solution.

Iklan

0 Responses to “Apa yang kita dapat?”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 559,864 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: