24
Jun
08

Radio Active

Kota besar, dengan segala macam kelebihan dan kekurangannya seperti masyarakatnya yang lebih aktif, lebih dinamis, dilengkapi dengan berbagai kegiatan bisnis yang lebih sibuk, telah membentuk pasar dengan persaingan yang ketat, demikian juga di industri radio, yang harus lebih berpikir lebih keras agar bisa tetap eksis. 

Radio di kota besar, otomatis akan menjadi lebih aktif dan lebih dinamis dibandingkan dengan radio di kota menengah dan kecil. Working speed – nya lebih cepat, baik dari sisi kreatif pembuatan acara on air maupun off air hingga kecepatan pelayanan klien. Perbedaan ini harus dengan cepat bisa diantisipasi oleh mereka, para manager program atau station manager yang dipromosikan untuk menangani radio di kota yang lebih besar.

Yang perlu dilakukan di tempat yang “lebih” kota:

  • Sadari bahwa sekarang kita bertanggungjawab atas radio yang lebih besar dan tentunya memiliki tantangan yang lebih besar serta masalah yang lebih kompleks.
  • Segera lakukan penyesuaian dengan lingkungan kota kita yang baru, jangan sampai terkena urban shock
  • Adaptasi tidak hanya dilakukan terhadap lingkungan kita tinggal dan bekerja, namun juga perlu dilakukan dengan crew. Inilah masa terberat, karena kita harus belajar memahami manusia. Segera masuk ke dunia mereka, bangun team work dan segeralah menempatkan posisi sebagai leader yang baik dan benar.

Ketiga hal di atas perlu segera dilakukan, jika tidak mau tertinggal oleh kompetitor. Bekali diri dengan terus belajar, lakukan terus self renewal agar anda tidak keteteran. Jangan merasa tidak sanggup dan menyerah sebelum berperang. Management memilih kita, pasti bukan tanpa alasan. Yang perlu kita lakukan sekarang adalah berusaha membuktikan bahwa kita mampu dan management tidak salah pilih.

Jika ada pendampingan oleh senior atau manager diatas kita, bersyukurlah! Jangan ragu untuk selalu berkomunikasi dan jangan menginterpretasikan sesuatu berdasarkan pemahaman anda sendiri. Belum tentu apa yang selama ini menurut kita benar, bisa dengan tepat diberlakukan di tempat kita yang baru karena semuanya berbeda.

Segera lakukan apa yang menjadi tugas kita. Di kantor baru ini, masalah lebih cepat menumpuk. Jadi jangan tunda masalah kalau tidak ingin semua berantakan. Jika menemukan jalan buntu, kembalilah meminta pendapat senior atau atasan kita, setelah itu lakukanlah tepat seperti apa yang mereka anjurkan. berikan target pada diri kita sendiri. Dari sinilah kita akan mendapatkan pembelajaran sekaligus melakukan adaptasi dengan aman.

Jangan sia-siakan setiap peluang dan kesempatan yang ada. Belajar, perbarui diri, sesuaikan diri, dan berubahlah seperti ulat berubah menjadi kupu-kupu. Pekalah terhadap situasi yang selalu berubah jika tidak ingin tergerus evolusi. Don’t be passive..Be Radio Active!

Iklan

0 Responses to “Radio Active”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 561,702 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: