10
Jun
08

Membuat Sandiwara Radio

Pembuatan sandiwara radio harus mempertimbangkan perbedaan fungsi mata (visual) dan telinga (audio) dimana mata lebih kritis sedangkan telinga lebih menggugah perasaan / imajinasi. Dengan demikian naskah sandiwara radio dibuat dengan dialog-dialog yang ditujukan untuk menggugah imajinasi pendengar.

Persiapan

Naskah:

Dialog harus tetap memegang prinsip KISS – keep it short and simple – singkat, jelas dan padat. Hindari penggunaan istilah asing. Perbincangan yang panjang dan berbelit bisa membuat pendengar bosan.

Voice Talent:

Karena hanya didengar, maka pemeran harus benar-benar memiliki suara yang bisa mewakili figur / karakter tokoh yang diperankan serta situasi yang sedang terjadi. Dalam alur cerita yang serius / bukan humor, perlu dihindari penggunaan seorang pemain untuk memerankan 2 tokoh (double casting). Penggunaan suara palsu, misalnya pemain berusia muda yang suaranya dibuat untuk memerankan tokoh yang lebih tua, sebaiknya juga jangan dilakukan.

Jumlah Pemain:

Untuk konsumsi radio, jumlah pemain idealnya maximal 5 orang. Jumah pemain yang terlalu banyak, apalagi jika memilki karakter suara yang hampir sama, akan membingungkan pendengar.

Ilustrasi Musik

Musik dan sound effect memegang peranan untuk membuat sandiwara radio menjadi lebih hidup dan bisa membantu pendengar dalam mengembangkan imajinasi. Untuk itu pilihlah musik dan efek suara yang mampu menggambarkan situasi dan jelaskanlah ke bagian produksi / mix man, musik seperti apa yang diperlukan untuk menghias cerita, dan efek suara seperti apa yang dapat digunakan untuk mendukung cerita. Tidak ada salahnya jika kita ikut terjun memilih musik dan sound effect agar lebih pas dengan alur cerita. Tunjukkan juga, dimana musik atau sound effect harus ditempatkan. Penggunaan atau penempatan musik dan sound effect yang salah akan berakibat fatal.

Durasi

Pendengar radio memiliki tingkat kejenuhan dalam mendengarkan acara radio. Agar tidak melampaui kemampuan pendengar dalam mendengarkan sandiwara radio, sebaiknya untuk satu kali show atau penyiaran, durasi sandiwara radio bisa dibuat antara 30 menit hingga 60 menit. Jika ceritanya panjang, sebaiknya dibuat dalam beberapa seri. Semakin panjang atau lama waktu penyiarannya, tantangan untuk membuat sandiwara radio yang lebih memikat dan menarik akan menjadi semakin tinggi agar pendengar tidak bosan dan meninggalkan radio kita.

Take Voice

Sebelum merekam suara pemain, harus dijelaskan alur cerita, karakter tokoh, tujuan akhir dari cerita, keadaan, waktu dan tempat kejadian agar penokohan bisa maksimal. Setelah itu, lakukanlah latihan:

  • berdialog tanpa mic untuk mengukur karakter, kekuatan dan volume suara masing-masing pemain
  • berdialog dengan mic dilengkapi musik dan efek suara agar pemain mendapatkan suasana yang diinginkan untuk membantu mereka melakukan penjiwaan

Last but not least, diperlukan kedisiplinan tinggi dalam proses produksi sebuah sandiwara radio. Keterlambatan dan ketidak seriusan seorang pemain akan membawa pengaruh yang buruk terhadap pemain lainnya dan akan mengganggu proses pembuatan hingga deadline yang sudah ditetapkan.

Iklan

18 Responses to “Membuat Sandiwara Radio”


  1. Juni 21, 2008 pukul 1:53 pm

    Salam Kenal

    Kami dari komunitas GRESS ( Gaung aREk Sulih Swara ) Surabaya
    sangat mendukung dengan sandiwara radio. Yang kini semakin ditinggalkan pendengar apalagi beberapa stasiun radio tidak lagi peduli untuk menyiarkan sandiwara radio karena hal lain.

    Oleh karena itu, kami ingin berbagi karya dalam menggairahkan kembali dunia penyiaran terutama Sandiwara Radio. Jika anda punya referensi tentang stasiun radio yang masih menyiarkan sandiwara terutama yang berlokasi di Surabaya, maka kami sangat berantusias untuk menjalin kerjasama dengan baik.

    terima kasih
    ABDUH Produser Dubbing JTV
    031-8202068 HP 0813-32525795

    Salam kenal juga Cak! nanti kalau ada informasi yang dibutuhkan, akan saya hubungi Cak Abduh

  2. 4 eya
    Juli 21, 2008 pukul 10:08 am

    bagaimana proses produksi radio

    mungkin bisa lebih diperjelas lagi, produksi apa yang dimaksud? apakah produksi sandiwara atau produksi apa?

  3. November 13, 2008 pukul 9:54 pm

    saya awam sekali dengan dunia broadcast, tapi sewaktu kecil yang bikin saya kangen dengan radio ya drama Radio, dulu di tempat saya ada drama serial SAUR sepuh. menarik.
    asumsi sebagian besar orang mungkin dunia radio, lebih-lebih program drama di dalamnya, akan tenggelam, alias gak laku lah.
    menurutku siy belum tentu. tinggal bagaimana kemasannya semenarik mungkin.
    saya jadi pengen punya stasiun radio sendiri.

    apa aja siy yang dibutuhkan untuk membangun sebuah stasiun radio?
    radio kecil gitulah…

    salam

    wanwan
    Pekalongan

  4. 6 endang
    Februari 5, 2009 pukul 3:29 pm

    Salam kenal ya mas ….
    aku mo nanya dong, klien-ku lagi minta dibuatin Sandiwara Radio. Kira-kira, ada info yang bisa judapat gak, penulis sandiwara Radio yang angkanya belum terlalu tinggi ?
    Makasih

    Endang
    Jakarta

    mbak, pertanyaannya saya jawab lewat email ya

  5. 7 mira
    Oktober 13, 2009 pukul 11:03 am

    Salam kenal Mas,
    Kantorku lagi nyari studio yang bisa bikin drama radio. Script-nya udah jadi dari kita.
    Boleh ga aku dapat informasi mengenai harganya dan berapa lama pengerjaannya? singkatnya sih minta quotation. ;D
    Terima kasih,

    Mira
    Jakarta

  6. 8 dwi
    Mei 20, 2010 pukul 12:03 am

    mampir ah… menarik juga nih tipsnya

  7. 9 hery
    Mei 20, 2010 pukul 2:40 pm

    mas… saya mau bikin program sandiwara radio. Tolong saya dipandu dimana bisa mendapatkan para pemainnya, dan dimana bisa nyewa alat recording yang bisa mobile? Trus, biaya keduanya berapa kira-kira?

  8. 10 jedi
    Juni 1, 2010 pukul 7:39 pm

    Kalo mau download ilustrasi musik dimana ya ?

  9. 11 LEPHEN
    Agustus 3, 2010 pukul 3:51 pm

    Assalammualaikum salam kenal RADIO CLINIC

    Duh Alhamdulillah ada forum ini. Salam kenal semua
    Saya penggemar sandiwara radio SAUR SEPUH, UNTUNG SUROPATI, SULTAN AGUNG, DLL. Dapatkah membantu atau memberikan informasi dalam bentuk cassete atau MP3. Mohon kontak saya di 087839550782 Jika di Jakarta akan saya datangi mohon alamat dan berapa harus ganti copynya. Terima kasih. semoga yang bantu panjang umur, murah rejeki, dapat pahala, dana masuk Sorga. Amin. Wassalammualaikum.

  10. 12 Kang Riboet
    Agustus 27, 2011 pukul 2:13 am

    berapa halaman kira-kira untuk membuat sebuah naskah radio dengan durasi tayang 30 menit?

    KaEr_PEkaloNgan

  11. 13 Mutiara Rizki
    Oktober 9, 2011 pukul 4:16 pm

    terima kasih ulasannya. sangat membantu.
    🙂

  12. Februari 9, 2012 pukul 8:59 pm

    salam kenal…. 🙂 saya Mahasiswa UNESA SUrabaya, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, terimakasih atas tulisan anda mengenai drama radio. Tulisan ini sangat membantu saya untuk mengerjakan UTS Mata Kuliah Apresiasi Drama. Kebetulan untuk UTS ini, saya dan kelompok diharuskan memproduksi drama radio, dan harus disiarkan di radio swasta (FM). 🙂

  13. April 23, 2013 pukul 11:47 pm

    Pagi,..bisa diinfokan perkiraan modal memproduseri sandiwara radio,..biaya2 apa sj yg diperlukan….dan perkiraan pengembalian modal biasanya butuh wkt brp lama?…Maaf pertanyaan terlalu sederhana krn diluar bdg ush sy tp dah lama ada ketertarikan dgn sandiwara radio……email: terrios2009@yahoo.com

  14. 17 Supriyono
    Juli 26, 2015 pukul 6:57 pm

    Salam Kenalll para sedulur semuanyaaa…para kisanak penggemar dan pecinta serta pegiat sandiwara radiooo.., Salam kenal, saya Yono di jogja, pecinta berat drama radio. Bagi yang membutuhkan jasa studio dan sanggar yang khusus memproduksi drama radio silahkan monggo hubungi saya di Sanggar Atmaja, alamat di jogjakarta, hingga kini masih aktif dalam bidang persandiwaraan radio dan audio voice over. bagi yang sedang membutuhkan bantuan bisa langsung kontak di 085878658880 untuk WA, telp atau SMS, dan add PIN 2a9089a4 atas nama Mas Yono. insyaAlloh dengan antusias akan kami bantu sebaik mungkin…

  15. 18 Supriyono
    Juli 26, 2015 pukul 7:06 pm

    oh ya, tambahan info ya, kerjasama produksi ( pengiriman materi : script naskah atau pun materi audio ) bisa juga via email di bramakumbara_83@yahoo.com
    maturrr nuwuuuunnn.., bravo sandiwara radioooo


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 561,702 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: