22
Mei
08

Kenaikan harga BBM

23 Mei 2008 pemerintah akan mengumumkan kenaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi sebesar 28.7%. Seperti sudah diketahui, kebijakan pemerintah ini memicu berbagai demo yang tersebar diberbagai tempat di Indonesia. Mulai dari aksi damai hingga demo yang diakhiri bentrok.

Masalah besar yang akan dihadapi bangsa ini sebenarnya adalah bukan kenaikan harga BBM, tapi efek yang akan muncul dari kenaikan itu. Rencana kenaikan harga BBM telah memicu kenaikan harga sejumlah kebutuhan dan dipastikan akan menambah jumlah masyarakat miskin di Indonesia. Apalagi kalau direalisasikan.

 

Pemerintah nampaknya dengan percaya diri menganggap program bagi-bagi uang dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) bisa membuat rakyat senang. Padahal BLT 2005 terbukti tidak mampu mengentaskan masyarakat miskin Indonesia. Justru menimbulkan kecemburuan dan kecurangan, yang berakhir pada aksi demo dan kerusuhan. Sehingga banyak kepala desa yang menolak program BLT 2008 dengan alasan takut di demo warga yang merasa mendapatkan haknya.

Sebagai orang media dan jurnalis, tentunya kenaikan BBM menjadi topik menarik untuk terus dipantau dan diinformasikan ke masyarakat. Mendekati rencana pengumuman kenaikan harga BBM, ada beberapa point penting yang tidak boleh lolos dari liputan:

  • Pengumuman kenaikan harga BBM 23 Mei 2008 oleh presiden
  • Aksi demo menolak kenaikan harga BBM. Saat meliput perlu diwaspadai jika terjadi konflik antara pendemo dan petugas keamanan dan pastikan reporter kita berada pada posisi aman. Jangan berada diantara pendemo, tapi pilihlah tempat yang strategis diwilayah barisan petugas keamanan.
  • Pertemuan-pertemuan birokrat, mulai dari DPR hingga DPRD seputar kenaikan harga BBM
  • Jumpa pers yang dilakukan oleh politikus dan ekonom berkaitan dengan kenaikan harga BBM
  • Dampak kenaikan harga BBM, komentar masyarakat, pelaku bisnis dan transportasi
  • Pembagian Bantuan Langsung Tunai
  • Gejolak yang mungkin timbul selama pembagian Bantuan Langsung Tunai

Waspadai juga isu yang beredar, seperti isu akan terjadi demo besar-besaran pada hari pengumuman kenaikan harga BBM.

Iklan

1 Response to “Kenaikan harga BBM”


  1. 1 Li Tet Khoen
    Mei 31, 2008 pukul 4:07 pm

    banyak oportunist saat ini yang membahas kenaikan BBM, tapi gak ada yang membuat solusi jika BBM menyentuh harga sebenarnya sekitar 10.000 IDR berapa kita mesti punya penghasilan per bulan perkapita, apa aja pendukungnya selain level pendidikan dan keahlian, coba ya kalo oportunis punya gaya baru mengusung bagaimana INDONESIA BEBAS SUBSIDI DI SEGALA BIDANG, contoh goblok dinegeri ini Liga Indonesia sering bercerita klo jalanya terseok ditambah klub-klubnya sering kekurangan subsidi. Duh… Indonesia masa kudu subsidi mulu, malu donk ama perut dari yang kaya ampe yang paling miskin minta dikasihani terus. coba kalo kasus narkoba harus diperiksa dan dibasmi sampai ke akar-akarnya, nah klo kebijakan pemerintah tak diminati liat dia lulusan mana, maka jangan pilih lagi dari almamater tersebut (konyol juga ya…)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 559,877 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: