08
Mei
08

Controlling & Monitoring

Ditulis oleh : Yoghie Riezaldy

Dalam menjalankan rutinitas sebagai manager dalam dunia broadcasting,  ‘controlling’ dan ‘monitoring’ sudah menjadi kebutuhan primer yang musti dikedepankan. Bukan seorang manager radio jika dalam kesehariannya tidak mengetahui running on air anak buahnya. Jika tidak mengetahui running on air program secara keseluruhan, setidaknya harus paham dan mengerti betul  kendala apa saja yang dialami announcer selama on air.

Manager harus siap dengan berbagai langkah antisipasi yang tepat bagi announcer yang terkadang memiliki kelemahan dalam menangani kendala di saat siaran. Dengan kontrol yang teratur serta pemantauan yang jeli, seorang manager siaran akan sangat terbantu dalam menciptakan antisipasi jika terjadi sebuah kekeliruan dan masalah. Perlu diingat, fungsi seorang manager selain berkaitan dengan mengatur sumber daya manusia dan infrastruktur yang ada, dia juga harus bisa meminimalisir kendala dan kesalahan yang bisa terjadi saat on air.

Dengan menjalankan controlling dan monitoring yang teratur dan ketat, akan membuat announcer lebih berhati-hati dalam melakukan eksekusi saat on air. Pada awal menjalankan fungsi control dan monitor, dengan menciptakan suasana yang selalu diawasi, akan memaksa announcer untuk bekerja lebih serius dan lebih berhati-hati. Lama kelamaan, setelah announcer terbiasa bekerja dengan benar, dia tidak merasa diawasi lagi, bahkan akan tumbuh kesadaran, bahwa kalau sedang siaran sudah semestinya sesuai dengan prosedur dan goal yang diharapkan perusahaan.

Ada kalanya manager yang belum tentu setiap saat di station harus menanamkan disiplin tinggi untuk announcernya. Dalam artian, ada atau tidak adanya manager seharusnya tidak berpengaruh terhadap kinerja anak buah. Karena dunia broadcast bukanlah system kerja yang hanya aktif jika ada manager yang menunggui. Penyiar harus bekerja benar-benar dengan kesadaran untuk menjadi baik. Bekerja untuk diri sendiri, untuk prestige dirinya. Berprinsip bekerja demi diri kita sendiri akan membuat kita berusaha semaksimal mungkin agar hasil kerja kita optimal.

Disaat bekerja optimal bukan hal mustahil akan menghasilkan produktifitas excellent. Jika hal ini berkesinambungan secara teratur, maka fungsi manager dalam memanage stationnya sudah mendekati keberhasilan.  Fungsi controlling dan monitoring ini sangat berguna bagi manager dalam memberi masukan bagi anak buahnya agar selama on air tidak terjadi human error. Controlling dan monitoring jangan sampai menjadi beban bagi si manager, karena disitulah fungsi yang sesungguhnya bagi si manager dalam mengukur ketrampilan dan tolok ukur seberapa hebat kemampuan announcernya dalam melakukan pekerjaanya.

Last but not least, controlling dan monitoring merupakan pekerjaan yang sangat ringan, namun jika kedua hal tersebut ditinggalkan, efek yang ditimbulkan dapat menjadi kerusakan yang sangat berat. 

author says: posting diatas bukan hanya sekedar teori. saya sangat menganjurkan untuk dijalankan oleh manager pemula atau manager yang baru mendapat tugas mengelola sebuah station radio. di awal karier nya sebagai manager siaran, penulis sempat merasa kesulitan dalam memperbaiki kinerja crew nya dan menjaga kualitas output siaran. saya menganjurkan, jika ingin cepat jadi baik, lakukan pengawasan melekat. semakin sering dan semakin lama manager mengawasi penyiarnya, semakin cepat pula kualitas akan meningkat. penulis sudah dan masih mempraktekkan tips diatas, bahkan tidak tanggung-tanggung melakukan pengawasan 24 jam dengan stay di kantor. bayangkan, jika kita bekerja 8 jam sehari, berapa cepat prestasi bisa kita raih? bagaimana jika 24 jam sehari? apa mungkin? mungkin saja jika kita mau. terbukti dalam waktu satu tahun, penulis dipercaya untuk menangani Best FM Jogja, Wijaya FM & Pop FM Cilacap, Anita FM Tegal dan sekarang sedang memeras tenaga untuk memajukan POP FM Bandung. SLEEP and DREAM with YOUR WORK!

Iklan

0 Responses to “Controlling & Monitoring”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 559,865 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: