07
Mei
08

Konfirmasi dalam teamwork

 Ditulis oleh : Yoghie Riezaldy

 Mendengar kata konfirmasi, entah mengapa secara otomatis ada terjemahan positif langsung masuk ke dalam pola pikir kita. Konfirmasi menjadi sebuah tindakan yang sangat penting dilakukan. Apalagi untuk dunia keradioan.

Order dari seorang manager radio bisa dijalankan dengan baik oleh anak buahnya jika adanya pemecahan dari setiap permasalahan yang dikonfirmasikan dengan benar. Dalam suatu program dalam radio, tidak mungkin sang manager untuk menghandle program tersebut sendirian, sehingga diperlukan anak buah untuk mengerjakan program tersebut. Jika dalam suatu program melibatkan lebih dari satu atau dua orang untuk eksekusi maka fungsi konfirmasi menjadi semakin penting. Pada awalnya, manager tersebut mengkonfirmasikan skena, target audience maupun rundown program agar anak buah memahami apa yang dimaui bos mereka.

Selanjutnya rencana acara tersebut akan dilaksanakan oleh anak buahnya. Perjalanan sebuah program dari sekedar konsep menuju eksekusi sangat menentukan terbentuknya hasil produksi yang optimal. Apalagi biasanya dalam proses eksekusi program, karena banyak kesibukan sang manager tidak selalu ada ditempat. Pada saat saat seperti inilah manfaat dari konfirmasi antara anak buah dan atasan atau sebaliknya menjadi penting.

Melalui konfirmasi seorang manager dapat mengetahui dengan jelas sampai dimana running eksekusi sebuah acara, perlu tidaknya melakukan revisi terhadap hasil produksi acara tersebut atau bila perlu, memberikan penambahan materi misalnya. Yang paling mengerti goal dari program ini adalah si manager sedangkan yang paling mengerti situasi dilapangan, kendala yang dihadapi dan lain sebagainya adalah anak buah yang menjadi pelaksana. Melihat kondisi ini, akan sia-sia sebuah pekerjaan jika di dalam pengerjaannya tanpa melewati konfirmasi terlebih dahulu.

Dalam melakukan konfirmasi, perlu juga diperhatikan bahasa penyampaiannya, mengingat karakter manusia yang beraneka ragam, beda temperamen dan beda pola pikir. Bukan tidak mungkin ada saja attitude anak buah yang terkadang dibawah standar. Merasa bisa dan pasti benar, terkadang mereka berani mengabaikan konfirmasi. Hal ini sering terjadi di radio, sehingga perlu ditanamkan pentingnya konfirmasi agar kita tidak melakukan kesalahan klasik. Confirmation ? why Not ?

Iklan

0 Responses to “Konfirmasi dalam teamwork”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 565,119 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: