30
Apr
08

CREATIVITY Inc.

Satu hal yang harus dimiliki oleh radiowan dan radiowati adalah KREATIVITAS. Yang jadi masalah, selama ini kita menunggu datangnya kreativitas bukannya menciptakan kreativitas. Tentu saja dengan menanti dan menanti, seringkali waktu kita terbuang begitu saja. Selain itu, kita juga jadi nampak seperti tidak bisa memenuhi tuntutan profesionalitas. Bagaimana menciptakan dan mengelola kreativitas? Bagaimana memaksa lahirnya kreativitas? Bagaimana melahirkan SDM yang kreatif? Dalam posting kali ini, saya membagikan tulisan Tanadi Santoso, semoga bisa bermanfaat untuk kita bersama.

CREATIVITY INC.
Creativity Inc.:
Building an Inventive Organization
Harvard Business School Press
Jeff Mauzy, Richard A. Harriman
Edisi Pertama, April 2003
Sampul Keras, 224 halaman.
Kreativitas adalah kunci sukes perusahaan

Diresensi oleh: Tanadi Santoso

Kreativitas adalah proses timbulnya ide yang baru, sedangkan inovasi adalah pengimplementasian ide itu sehingga dapat merubah dunia. Kreativitas membelah batasan dan asumsi, dan membuat koneksi pada hal hal lama yang tidak berhubungan menjadi sesuatu yang baru. Inovasi mengambil ide itu dan mejadikannya menjadi produk atau servis atau proses yang nyata di perusahaan.

Jarang ada buku yang diterbitkan oleh penerbit serius seperti Harvard Business School press tentang hal yang tidak akademis seperti kreativitas. Kreativitas lebih identik dengan para seniman, desinger, dunia periklanan, dan aktor aktris. Buku ini menunjukan bahwa kreativitas dan kemampuan berinovasi dapat dibentuk dan dibangun dalam sebuah framework manajemen yang baik.

Semua orang setuju bahwa untuk menunjang kemajuan perusahaan perlu adanya kreativitas didalam perusahaan, tetapi jarang sekali yang tahu dan mau membentuk dan menjadikan perusahaan mempunyai kultur yang menyuburkan kreativitas.

Perusahan besar yang selalu inovatip seperti 3M, Sysco Corporation, Universal Studio, Steelcase, Frito-Lay, selalu dapat mempertahankan nafas kreativitas dan selalu melahirkan inovasi baru yang menghasilkan sustainable growth.

Bagian satu, ada tiga bab, berbicara tentang Creative Thinking, Berpikir kreatip, yang menjelaskan apa inti arti dan proses kreatip itu. Kreatifitas dibentuk oleh motivasi dan rasa keingintahuan dan kemauan untuk mangatasi ketakutan dalam perkembangan perusahaan. Bagaimana menghubungkan hal2 yang kelihatannya tidak konek menjadi inovasi baru, dan menggabungkan disiplin ilmu yang berbeda untuk mencapai hal baru.
Dijelaskan apa dan bagaimana tipe orang yang kreatip dan apa yang biasanya dilakukan orang2 kreatip. Bagaimana menggabungkan orang2 yang kreatip didalam perusahaan untuk dapat melahirkan sebuah perusahaan yang innovatip? Disini dijelaskan tentang teknik dan hal apa yang perlu diperhatikan dalam mebuat perusahaan lebih kreatip, baik dari sisi human resourse, information ataupun struktur orgainisasi. Ketika melihat serbuk sari tanaman menempel pada bajunya, George de Mestral, tiba2 memikirkan tentang ide yang akhirnya menjadi produk inovatip Velcro. Divergent thinking, atau berpikir memecah adalah kemampuan untuk menhubungkan dua hal yang tidak ada hubungannya menjadi sebuah hal baru. Ini adalah kapasitas kreatip yang hilang pada saat kita tumbuh dewasa. Survey menunjukan penurunan kemampuan ini dari 98 persen pada saat berumur lima tahun menjadi 2 persen saat berumur 25 tahun keatas.

Bagian Dua, Climate, atau iklim kerja, disorot dalam dua bab. Iklim perusahaan yang kreatip dan iklim personal. Kolaborasi antar department, umpan balik tentang perkembangan hasil inovasi dan fleksibilitas dalam mengelola energi kreatip adalah bagian penting dalam sebuah iklim perusahaan inovatip. Iklim kreatip lebih mudah dibentuk dari awal berdirinya perusahaan. Perubahan pada perusahaan yang mapan haruslah dimulai dari puncak dan dilakukan secare berkala dengan otonomi pada departemen yang diharapkan untuk menjadi lebih kreatip. Kreativitas individual haruslah dapat dipertahankan didalam perusahaan bila ingin inovasi yang berkelanjutan, kepada orang2 kreatip haruslah diberikan sebuah wadah yang nikmat. Keingingan mereka untuk sukses, the power of passion, atau kecintaan mereka akan hal2 baru yang berbeda, dan koneksi orang2 ini dengan dunianya haruslah dipupuk dan dipertahankan.

Bagian tiga, Action, dibagi tiga bab: Kepemimpinan yang menumbuhkan kreativitas, Kreativitas yang bertujuan, dan Mempertahankan perubahan. Pemimpin yang baik tahu bagaimana mengurangi kontrol, memberikan reward, menghormati kegagalan, dan mendorong karyawan berinovasi. Pemimpin harus dapat menyediakan sarana dan pelatihan, dan memberikan umpan balik pada setiap tindakan yang inovatip.
Kreativitas pada perusahaan haruslah diarahkan dengan benar, dan tidak sekedar menjadi kreatip saja, tetapi mempunyai tujuan yang terarah dan berguna untuk perusahaan.
Kreativitas yang baik adalah kreativitas yang betujuan.

Ada tujuh langkah pelaksanaan kreativitas: Langkah dasar, Explorasi kesegala arah, Pemilihan, Fokus dan ekplorasi detil, Penyimpulan tindakan, Transformasi dan pengembangan, dan akhirnya Implementasi. Ketujuh langkah ini merupakan framework pelaksanaan inovasi dalam perusahaan.

Mempertahankan perububahan menjadi kunci berhasil tidaknya implementasi perubahan. Perencanna yang baik, pendataan hasil yang jelas, dan pemupukan iklim kerja yang baik akan berhasil membuat inovasi menjadi kunci sukses perusahaan.

Untuk dapat bertahan dan berkembang pada jangka panjang, setiap orang pada perusahaan haruslah menciptakan hal baru dan berinovasi. Dan setiap orang haruslah dapat melakukannya secara natural seperti cara kita bernafas. Itulah kata awal pada buku ini.

Walaupun buku ini tidak memberikan terobosan besar, tapi telah memberikan sebuah legitimasi bahwa kreativitas dapat dan haruslah dikembangkan pada semua perusahaan besar dan kecil dimanapun.

(Tanadi Santoso adalah pembicara tentang kreativitas dan Chief Catalyst Officer dari Sam Design, perusahaan web-design dan multimedia terkemuka. www.tanadisantoso.com)


 

10 buku pilihan tentang kreativitas:

A Whack on the Side of the Head: How You Can Be More Creative.(Roger Von Oech)
Buku klasik terbaik tentang kreativitas yang cocok untuk mempelajari dasar2 kreativitas dan meruntuhkan hambatan2 kreativitas.

Orbiting the Giant Hairball: A Corporate Fool’s Guide to Surviving With Grace (Gordon MacKenzie)
Kreatip guru dari perusahaan kartu Hallmark ini mencoba mengajarkan bagaimana bertahan dan tetap kreatip dalam perusahaan besar.

Thinkertoys, A Handbook of Business Creativity.(Michael Michalko)
Salah satu buku terbaik untuk kreativitas perusahaan, walau sudah agak kuno tetap saja relevan dan menarik.

How to Think Like Leonardo da Vinci: Seven Steps to Genius Every Day (Michael J. Gelb)
Pernah menjadi best seller untuk waktu yang cukup lama, buku ini mencoba mengajarkan orang cara berpikir Leonardo da Vinci yang legendaris.

Aha! 10 Ways to Free Your Creative Spirit and Find Great Ideas (Jordan Ayan – 1997)
Salah satu buku klasik tentang keativitas.

Lateral Thinking : Creativity Step by Step (Edward De Bono)
Semua buku Edward de Bono sangatlah bagus dan menarik, dan Lateral Thinking adalah salah satu yang terbaik bersama dengan Six Thinking Hats.

Jump Start Your Brain (Doug Hall)
Buku ini membantu anda untuk belajar menjadi lebih kreatip dan dapat dipakai oleh semua orang. Doug adalah orang kreatip yang dijadikan konsultan oleh banyak perusahaan besar.

The Mind Map Book: How to Use Radiant Thinking to Maximize Your Brain’s Untapped Potential(Tony Buzan)
Tony Buzan adalah penemu Mindmapping, sebuah teknik yang sangat terkenal, mudah dan berguna. Berpuluh puluh buku mengajarkan mindmapping dan telah pula dimasukkan kedalam banyak kurikulum cara berpikir modern. Buku ini buku terlengkap dan terbaik untuk mindmapping.

Five Star Mind: Games and Exercises to Stimulate Your Creativity and Imagination. (Tom Wujec)
Buku ini mempunyai banyak puzzle dan games yang bagus untuk merangsang kreativitas disertai penjelasan tentang proses kreatipnya.

Weird Ideas That Work: 11 ½ practices for Promoting, Managing and Sustaining Innovation (Robert I Sutton)
Buku terlaris untuk business kreativity tahun lalu, memberikan banyak idea tidak masuk akal yang berguna.

Iklan

0 Responses to “CREATIVITY Inc.”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 559,874 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: