26
Mar
08

Belajar dari Nora Ephron

Tidak banyak orang yang mengenal Nora Ephron. Wanita kelahiran 19 Mei 1941 ini mengawali karirnya sebagai jurnalis di New York Post kemudian mencoba menulis novel hingga menjadi penulis naskah film, produser dan sutradara.

Film karyanya diantaranya adalah When Harry Met Sally (1989), Sleepless in Seattle (1993), You’ve Got Mail (1998) dan Bewitched (2005). Saat ini ia sedang mempersiapkan 2 film terbarunya, yaitu Flipped yang akan dirilis pada 2008 dan Julie & Julia yang ditargetkan selesai diproduksi pada 2009.

Dalam sebuah seminar jurnalistik, Nora membahas topik Telling the Story. Sebagai orang radio, apakah reporter, scriptwriter atau penyiar, kita tidak akan bisa lepas dari tugas bercerita untuk pendengar. Menurut Nora, selain struktur tulisan, untuk membuat naskah cerita dan berita yang bagus kita harus menulis atau bercerita dari sudut pandang pendengar.

Nora juga mengingatkan, bahwa awal (lead) dari sebuah cerita sangat penting untuk menarik minat orang mengikuti apa yang akan kita sampaikan. Sebagai ilustrasi, Nora bercerita tentang pengalamannya sewaktu masih belajar di SMA Beverly Hills, California. Suatu hari guru jurnalistiknya menyampaikan sebuah cerita dan meminta murid-murid untuk mencari lead beritanya. Inti ceritanya, pada hari Kamis semua guru akan pergi ke Sacramento untuk mengikuti konferensi pendidikan selama sehari serta bertemu dengan gubernur dan Raquel Welch.

Murid-murid segera mencari-cari faktor 5W 1H dari cerita itu. Hampir semua murid menulis: Bertemu gubernur, Requel Welch, Konferensi Pendidikan dan sejenisnya. Hingga akhirnya sang guru berkata: “ You all missed the point! What is the point? The lead of the story is THERE WILL BE NO SCHOOL on Thursday!” Ya! tidak ada 1 pun murid yang menulis lead berita SEKOLAH LIBUR di hari Kamis (karena semua guru pergi mengikuti konferensi di Sacramento). Tidak akan ada seorang murid pun yang akan tertarik membaca atau mendengarkan berita mengenai konferensi guru. Mereka akan lebih tertarik untuk mendengarkan berita tentang libur sekolah.

Cerita ini menyadarkan Nora bahwa journalism was all about getting the point. Betapa pentingnya menemukan inti masalah dalam sebuah pemberitaan dan penulisan naskah radio. Buat pendengar tertarik dengan menyampaikan sesuatu dari sudut pandangnya, bukan dari sudut pandang kita. USE AUDIENCE POINT OF VIEW!

Iklan

4 Responses to “Belajar dari Nora Ephron”


  1. 1 asuna17
    Maret 26, 2008 pukul 4:10 pm

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/selebritis/belajar_dari_nora_ephron/

  2. 2 DHIKA
    Maret 27, 2008 pukul 9:34 pm

    Nora benar, sepertinya kadang penyiar pun akan berpikiran seperti yang dicontohkan tentang gurunya, tapi tak pernah mengingat libur itu yang pasti dan menarik untuk anak2 smu, sama sperti berita diradio harus di sesuaikan segmen, dengan sudut pandang segmn kita.

  3. April 3, 2008 pukul 5:01 am

    wah sy penggemar film-film meg ryan ini…oh ternyata ini orangnya 🙂 makasih sy abru tau

    wah ngacir ke rental vcd/dvd deket rumah ah…mau nostalgila

  4. 4 Bintang Prahara Diroma
    April 11, 2008 pukul 12:40 am

    ooo….ini toh orang yang ngarang cerita buat filem Bewitched and You’ve Got Mail. Wah..kalo liat wajahnya jadi inget nyokap kalo lagi ngelamunin babe. Wah…yg nulis blog ini siapa seh, sangat bermanfaat banget. Aku tuh jadi termotivasi lagi untuk ke Broadcast…ternyata so many kind yah …

    Makasih buat infonya….pasti pahalanya banyak, soalnya udah banyak ngasih ilmu ke orang2 sekitar, semoga bersemangat terus yah buat bagi-bagi ilmunya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 552,370 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: