06
Mar
08

MOCHTAR LUBIS AWARD & FELLOWSHIP

  • LSPP MELUNCURKAN PROGRAM MOCHTAR LUBIS AWARD (MLA) UNTUK PENINGKATAN PRESTASI JURNALIS INDONESIA

Lembaga Studi Pers dan Pembangunan (LSPP) menghadirkan suatu program baru bernama Mochtar Lubis Award (MLA), yang dimaksudkan untuk meningkatkan prestasi para jurnalis Indonesia.

MLA adalah suatu program untuk memberikan penghargaan pada karya-karya jurnalistik yang dilakukan oleh para jurnalis di Indonesia, dalam rupa hadiah uang tunai dengan nilai Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) per kategori yang diperlombakan. Dalam MLA tahun pertama ini akan diperlombakan lima buah kategori, yaitu:

• Liputan nasional atau lokal tentang isu Pelayanan Publik (Public Service)

• Tulisan feature terbaik

• Liputan investigatif terbaik

• Foto jurnalistik terbaik

• Laporan Mendalam dari jurnalis televisi

  • MOCHTAR LUBIS FELLOWSHIP

Sementara itu program lain yang juga diluncurkan bersama dengan MLA ini adalah Mochtar Lubis Fellowship, yaitu suatu program bantuan terbatas kepada jurnalis di Indonesia untuk melakukan kegiatan liputan investigasi selama 4 bulan dengan topik yang signifikan dan relevan untuk pengembangan liputan investigasi di Indonesia.

Bantuan diberikan dalam bentuk dana hibah dan bantuan liputan untuk penerima dapat menuliskan karya investigasi yang bermutu untuk kemudian akan diterbitkan dalam bentuk buku. Karya ini akan menjadi contoh aktual dan relevan guna merangsang penulisan karya investigasi lainnya di Indonesia.

Fellowship diberikan kepada individu atau tim yang proposalnya dinilai juri layak untuk mendapatkan bantuan dana hibah untuk mengerjakan karya investigasi. Penulis proposal yang potensial akan mempresentasikan proposalnya di hadapan para juri. Apabila terpilih untuk mendapatkan fellowship, maka maka tim atau individu jurnalis akan mendapatkan dana untuk biaya peliputan selama 4 bulan.

Dewan juri hanya memilih satu tim atau individu sebagai penerima fellowship. Di akhir fellowship, tim atau individu jurnalis menuliskan liputan panjang / investigasi yang akan diterbitkan dalam bentuk buku.

Nilai Fellowship yang diberikan adalah senilai Rp 40.000.000 (empat puluh juta rupiah) untuk pengerjaan selama 4 bulan, ditambah dengan pembiayaan kegiatan reporting untuk penulisan topik yang diusulkan.

Latar belakang dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah keprihatinan akan masih kurangnya prestasi dunia jurnalistik di Indonesia. Dengan diluncurkannya program ini, LSPP berharap bisa menyumbangkan adanya karya-karya terbaik dalam dunia jurnalistik dan akan menjadi catatan sejarah atas karya prestisius milik jurnalis di Indonesia, serta pada akhirnya akan berguna untuk kepentingan publik yang lebih luas akan adanya suatu pers dan komunitas pers yang semakin menonjol prestasi jurnalistiknya.

Penggunaan nama Mochtar Lubis di sini, tak lain dan tak bukan sebagai bentuk dedikasi kepada salah satu jurnalis Indonesia terbaik yang tak hanya dikenal di dalam negeri, namun juga di luar negeri. Keluarga almarhum Mochtar Lubis telah menyetujui penggunaan nama tersebut untuk kegiatan ini.

Mereka yang berhak untuk mengikuti Mochtar Lubis Award adalah para jurnalis dari media lokal atau nasional yang mengirimkan karyanya (antara tanggal 1 Juli 2007 hingga 10 Juni 2008) kepada panitia untuk kemudian akan diseleksi. Batas waktu pengiriman karya adalah pada tanggal 13 Juni 2008 (menurut cap pos). Sedangkan mereka yang berhak untuk mengikuti Mochtar Lubis Fellowship adalah jurnalis individual ataupun tim yang mengirimkan proposal rancangan investigasi yang hendak dilakukannya. Batas pengiriman proposal adalah pada tanggal 6 Juni 2008.

Tentang tatacara pengiriman karya dan pengiriman proposal untuk diseleksi, bisa melihat pada situs acara ini: http://www.lspp.org/mochtarlubisaward/

Malam puncak acara penganugrahan Mochtar Lubis Award akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2008 di Jakarta.

KEPENGURUSAN MOCHTAR LUBIS JOURNALISM AWARD

Dewan Pengawas : Aristides Katoppo, Atmakusumah Astraatmadja, Susanto Pudjomartono, Maria Hartiningsih, Indrawan Lubis, dan Arman Lubis (Keluarga  Almarhum Mochtar Lubis).

Dewan Pelaksana : Ignatius Haryanto, Hanif Suranto, Ezki Suyanto, Gita Widya Laksmini Soerjoatmodjo, dan Vashti Trisawati Abdhidana

INFORMASI LEBIH LANJUT, SILAKAN HUBUNGI:

Mochtar Lubis Award / Lembaga Studi Pers dan Pembangunan (LSPP)

Jl. Penjernihan I no. 12 Kompleks Departemen Keuangan

Pejompongan Jakarta 10210

Telpon : (62-21) 574-6276, 574-6656

Fax : (62-21) 5701656

Email : lspp@centrin.net.id

Website : http://www.lspp.org/mochtarlubisaward

Iklan

2 Responses to “MOCHTAR LUBIS AWARD & FELLOWSHIP”


  1. 1 dedekurnaen
    Juli 25, 2008 pukul 9:14 am

    tolong informasikan data tentang pemenangnya ?

    data pemenang bisa ditanyakan langsung ke lspp@centrin.net.id

  2. 2 dedekurnaen
    Juli 25, 2008 pukul 9:22 am

    selamat siang, saya adalah salah satu jurnalist independent yang dalam artian belum terdaftar secara resmi di dewan PESR manapun, saat ini saya bekerja di perusahaan radio, tapi saya memiliki hasrat yang kuat untuk menjadi seorang jurnalist, lalu kemana jalur yang harus saya tempuh ???, terima kasih

    posisi seperti anda saat ini pun sebenarnya sudah cukup untuk menjadi seorang jurnalis profesional. namun jika anda ingin menjadi anggota dari salah satu asosiasi jurnalis, anda bisa menghubungi:
    Persatuan Wartawan Indonesia : 021 – 3453131 http://www.dewankehormatanpwi.org
    Persatuan Wartawan Indonesia Reformasi : 021-5746724 http://www.pwir.org
    Aliansi Jurnalistik Indonesia: 021-3151214 http://www.ajiindonesia.org


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 565,244 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: