12
Feb
08

Soundbite

mic Wikipedia: In film and broadcasting, a sound bite is a very short piece of a speech taken from a longer speech or an interview in which someone with authority or the average “man on the street” says something which is considered by those who edit the speech or interview to be the most important point.

Masih banyak reporter radio yang menyampaikan laporan tanpa dilengkapi dengan soundbite. Dari awal sampai akhir laporan yang terdengar hanya suara reporter menceritakan kejadian yang diliputnya. Dia tidak sadar bahwa tanpa soundbite, laporan yang disampaikannya menjadi tidak sempurna.

Soundbite – oleh BBC disebut Actuality – adalah bagian penting dari sebuah reportase radio. Dengan adanya soundbite laporan yang disampaikan lebih terpercaya dan bebas manipulasi. Apa yang kita siarkan adalah benar-benar statement dari narasumber di lokasi kejadian, bukan apa kata kita. Dalam sebuah laporan, kita bisa memunculkan lebih dari satu soundbite, tergantung pada kebutuhan. Soundbite bisa direkam, bisa juga disiarkan secara live pada saat laporan, tergantung pada situasi.

Dengan adanya soundbite, reporter tidak perlu lagi mendominasi laporan. Biarkan soundbite narasumber lebih dominan, sementara reporter cukup hanya mengantarkan dan menyampaikan laporan. Harus disadari pendengar lebih menantikan pernyataan dari narasumber dibandingkan dengan cerita reporter kita.

Meskipun soundbite adalah keharusan, dalam keadaan tertentu bisa saja sebuah laporan tidak dilengkapi potongan statement narasumber. Laporan seperti ini kita kenal dengan sebutan laporan pandangan mata, seperti laporan lalu lintas atau pada saat reportase mengikuti peristiwa yang sedang berlangsung seperti demo, konser musik, sidang, dan lain sebagainya. Dalam laporan pandangan mata, soundbite terwakili oleh atmosphere atau suasana yang terdengar di sekeliling reporter pada saat memberikan laporan.

Dengan membiasakan menggunakan dan memperhatikan soundbite, laporan yang kita siarkan akan menjadi lebih sempurna, terdengar lebih natural dan lebih terpercaya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 559,865 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: