02
Feb
08

Valentine atau Imlek

rat.gifMemasuki bulan Februari, suasana romantis valentine sudah mulai terasa. Demikian pula dengan berbagai ornamen China mulai banyak kita jumpai untuk menyambut tahun baru imlek yang kali ini dirayakan seminggu sebelum valentine.

Di pusat perdagangan, sejumlah toko nampak sudah didominasi warna merah. Sebagian toko yang lain didominasi nuansa valentine. Namun, saya belum menemukan sebuah toko yang memadukan nuansa valentine dan imlek jadi satu. Kalaupun ada, nuansa yang satu pasti lebih mendominasi dibanding nuansa yang lainnya.

Bagaimana dengan radio anda? Nuansa apa yang dipilih di bulan Februari ini? Pink atau merah? Atau keduanya?

Kita harus menentukan pilihan, event mana yang akan mendominasi siaran radio kita. Pada umumnya tentu banyak radio yang lebih memilih membuat berbagai program dan pernik-pernik acara bernuansa valentine. Namun, untuk radio berformat lagu mandarin, tentunya akan maksimal dalam mempersiapkan berbagai program untuk menyambut tahun baru imlek.

Meskipun dihadapkan pada pilihan, bukan berarti kita tidak bisa ikut memeriahkan kedua event tersebut bersamaan. Yang harus kita perhatikan adalah efektifitas dari program yang kita buat. Sama halnya seperti memilih lagu, tentunya kita akan lebih memprioritaskan untuk memutar lagu yang disuka oleh sebagian besar pendengar kita. Pertimbangan yang sama, juga perlu kita ambil saat merencanakan pembuatan program radio. Sebelum menentukan program apa yang akan kita buat, perlu dipertimbangkan mana yang lebih banyak bersentuhan dengan kepentingan sebagian besar pendengar kita. Selain itu perlu juga dipertimbangkan tingkat kerepotan dan kesulitannya sehingga apa yang kita buat bisa sebanding dengan hasil yang kita harapkan.

Banyak yang bisa kita lakukan untuk memperkuat nuansa valentine, imlek atau perayaan lainnya, mulai dari pemilihan jenis lagu, DJ comment, kuis, PSA, liputan, off air, dan berbagai bentuk kreatif acara yang lainnya.

Jadi, jangan diam dan segera lakukan sesuatu untuk pendengar. Dengan ikut meramaikan apa yang sedang dirayakan oleh pendengar, radio kita akan menjadi lebih hidup dan lebih dekat dengan pendengar.

Happy Valentine & Gong Xi Fat Choi!

Iklan

0 Responses to “Valentine atau Imlek”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 552,124 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: