31
Jan
08

Mempersiapkan Liputan

interview

Berbeda dengan jurnalis TV atau koran yang memiliki target market lebih umum, sebagian jurnalis radio kadang harus memilah liputan berdasarkan segmentasi pendengar.

Belum tentu sebuah peristiwa bisa begitu saja disiarkan di radio dengan segmentasi tertentu. Sebuah radio remaja, tentunya akan lebih didominasi dengan informasi hiburan, pendidikan dan gaya hidup. Radio dangdut dengan segmentasi pendengar dari kelas ekonomi C D E tentunya tidak akan melakukan reportase konser Beyonce. Sedangkan sebuah radio wanita misalnya, jarang memberikan informasi otomotif.

Meskipun tidak memproklamirkan diri sebagai radio berita, pada saat kita memutuskan untuk memasukkan news sebagai salah satu elemen acara, kita harus mulai mengadakan rapat redaksi harian meskipun dalam bentuk yang sangat sederhana hanya terdiri dari Program Director dan 1 orang DJ yang kita tugaskan untuk melakukan liputan.

Jangan pernah menyerahkan proses liputan sepenuhnya kepada DJ yang kita tugaskan menjadi reporter tanpa melalui rapat redaksi. Jika kita hanya memeriksa hasil akhir liputan reporter, belum tentu topik, narasumber maupun sudut pandang berita yang dilaporkan sesuai dengan standard yang sudah kita tetapkan. Manfaatkan rapat redaksi, untuk menentukan topik liputan. Ide topik bisa berasal dari pemimpin rapat, atau dari reporter yang mendapat informasi di lapangan.

Topik bisa diperoleh dengan memperhatikan:

– fakta baik peristiwa ataupun data yang kita peroleh dilapangan

– issue yang beredar di masyarakat

– opini masyarakat terhadap sebuah peristiwa atau kebijakan

Setelah topik kita tentukan, langkah selanjutnya adalah menentukan bagaimana kita selayaknya memandang peristiwa tersebut (angle) dan statement seperti apa yang kita harapkan dari narasumber (goal).

Jika topik sudah dipilih, angle dan goal sudah ditentukan, langkah terakhir adalah eksekusi dilapangan. Pastikan untuk selalu mengikuti proses pencarian berita yang dilakukan reporter dan buka akses komunikasi, sehingga jika reporter mengalami kesulitan dilapangan, langsung bisa mendapatkan solusi dari kita.

Last but not least, kuasai masalah, lakukan penggalian data dari berbagai sumber dan juga perhatikan apa yang menjadi interest pendengar.

Iklan

4 Responses to “Mempersiapkan Liputan”


  1. Januari 31, 2008 pukul 6:36 pm

    Wah, mantap mas.. Tak link ke blog ku ya. Sekarang alamatnya ada di suarane.org

  2. 2 Alex
    Februari 1, 2008 pukul 10:44 am

    Boleh banget mas…Thanks for coming ya…Saya tunggu inputan dan ide2 nya mas…Maju terus!

  3. 3 dien
    Februari 2, 2008 pukul 10:41 am

    Waah, oke juga nich. tapi boleh dong, dikit bahas tentang kondisi per- radio-an kita yang makin padet. hampir gak ada bangga – bangga nya lagi kerja di radio hehe. kitanya jaga output yang laen ngaco. thx b4

  4. 4 Alex
    Februari 2, 2008 pukul 11:26 am

    Sip! akhirnya PASFM Solo angkat bicara juga…Aku akan siapin request nya ya..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 555,574 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


%d blogger menyukai ini: