27
Feb
08

Membangun News Room

construction Besar kecilnya news room di dalam radio siaran, sangat tergantung pada kebutuhan dan jangkauan yang hendak dicapainya. Bisa jadi meski struktur news roomnya belum lengkap, proses pencarian dan penyajian berita tetap bisa dijalankan dengan baik.

Sebagai acuan, berikut ini adalah struktur organisasi sebuah news room:

News Director

Karena memegang posisi tertinggi dalam pemberitaan, news director paling tidak harus memiliki pengalaman luas dalam hal pemberitaan, memiliki kemampuan administrasi dan pengalaman mensupervisi. sehari-hari, news director bertugas untuk memberikan persetujuan dan mengawasi proses pembuatan dan pemilihan berita dan memimpin rapat redaksi. News director mempertanggung jawabkan penyajian berita kepada management. Isi dari pertanggungjawabannya sudah tentu adalah berita yang disajikan.

News Editor

News editor bertanggungjawab untuk mengawasi dan memilih berita-berita yang masuk dan akan disiarkan, mulai dari bentuk berita, isi berita, jumlah berita, susunan berita, alur penyampaian sebuah berita, memilih berita yang akan dijadikan sebagai headline hingga waktu yang tepat untuk menyampaikan berita tersebut. Dalam kesehariannya News editor bekerjasama dengan koordinator liputan, penulis berita atau scriptwriter dan penyiar. News editor juga bertugas untuk memberikan pengarahan kepada koordinator liputan sehingga bisa didapatkan gambaran berita seperti apa yang ingin disiarkan, mulai dari pemilihan angle hingga target narasumber yang akan diwawancarai. Seorang News editor dituntut untuk memiliki pemahaman tentang keradioan, jurnalistik radio, dan tekhnik produksi.

Koordinator Liputan / Koordinator Reporter

Koordinator liputan bertanggung jawab atas semua yang akan diliput dan diberitakan. Mulai dari membagi tugas liputan, melakukan briefing kepada reporter mengenai target-target berita yang harus didapat, memantau proses peliputan melalui komunikasi yang selalu dilakukan dengan reporter di lapangan, memberikan solusi atas kesulitan yang dihadapi reporter di lapangan.

Reporter

Tugas reporter seperti yang kita ketahui adalah mencari berita dilapangan sesuai dengan arahan dari News eitor dengan panduan koordinator liputan. Jika ada kesulitan dilapangan, reporter sebaiknya jangan mengambil keputusan sendiri agar berita yang diliput tidak ditolak hanya karena tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu reporter harus selalu melakukan komunikasi dengan koordinator liputan, apakah itu rencana untuk melakukan manuver pertanyaan, manuver angle berita maupun penggantian narasumber. Untuk radio yang memiliki jumlah Reporter cukup banyak, bisa menempatkan reporter-reporternya sesuai dengan pos-pos / sektor yang sudah ditentukan, misalnya ekonomi, politik, kriminal, dan lain sebagainya.

Sriptwriter

Scriptwriter bertugas untuk membuat berita baca, baik yang bersumber dari laporan reporter ataupun sumber-sumber lain yang disetujui oleh news editor. Scriptwriter harus menguasai kaidah-kaidah penulisan berita dan penulisan materi kata, antara lain seperti menguasai prinsip penulisan berita radio yang KISS (Keep It Short and Simple) dan penggunaan bahasa tutur.

Pembaca Berita / Newscaster

Lini akhir dari sebuah news room bermuara pada newscaster. Untuk bisa menyampaikan berita dengan baik, seorang penyiar harus memiliki kemampuan lebih dari sekedar membaca naskah berita. Seorang newscater harus menguasai apa yang akan disampaikannya, baik itu berita baca maupun laporan reporter yang harus dihantarkannya kepada pendengar. Jadi, selain menjadi penyiar yang baik, seorang newscaster harus menguasai materi berita.

Di dalam sebuah radio, biasanya struktur organisasi News Room memang tidak setegas dan serumit ini. Bisa saja beberapa fungsi dirangkap oleh seorang petugas. Misalnya, program director merangkap sebagai news editor sekaligus koordinator reporter, atau seorang penyiar merangkap sebagai reporter dan scrptwriter. Namun jika petugas tersebut sudah mulai nampak kewalahan dengan fungsi-fungsi yang dijalankannya, jangan sampai terlambat untuk menambah jumlah personil, agar kualitas berita yang kita sajikan bisa tetap terjaga dengan baik.

About these ads

5 Responses to “Membangun News Room”


  1. Juli 11, 2008 pukul 10:37 pm

    bagus juga… tapi saya bolaeh minta gambar studio salah satu radio gk?
    yang ada di file mas2 yang mengelola ini?
    ntar kirim ke : luthfy_ozon@radio.fm saya tunggu mas…

    silahkan di ambil gambarnya.thx

  2. 2 Barkah JP
    September 21, 2008 pukul 9:06 pm

    Nah! dari tadi nyari2 baru sekarang ketemu! Trima kasih mas udah bikin penjelasan struktur organisasinya. Tapi kalo bisa lebih rinci lagi.

  3. Januari 7, 2012 pukul 3:41 pm

    terima kasih atikelnya. semoga radioclinic.com tetap maju

  4. 4 april
    April 18, 2012 pukul 9:19 am

    maaf newsroom diatas sumbernya dari buku apa ka?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


about.me

Alex Santosa

Alex Santosa

just a simple dreamer, learner, thinker, doer

radio person | journalist | blogger | photographer | traveler | new media enthusiast

B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 442,661 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.589 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: